Sawarna Beach

Pagi itu gw Bianca, Ismi, Alim, Laila, Dhana sudah berada di kreta ekonomi jurusan bogor..

==ngeeng==> naik angkot ke terminal baranang siang ==> pelabuhan ratu (bus MGI 20rb).. dari sinilah semuanya berawal..Naik bus yang sangat bikin gw mual pusing gk bisa tidur gara-gara supirnya pembalap (juara 1 nasional lomba balapan bus ), udah tau jalannya berkelok-kelok, naik turun bukit, ada lubang di hantam aja terus, sampe2 kt di blakang enjot-enjotan miring kanan kiri depan blakang, gk jelas udh pasrah..hahaha.. emang salah pilih tmpat juga sih, kt duduknya di paling blakang…

dalam waktu 4 jam (bayangin aja 4 jam kyak gitu) kt sampe di pelabuhan ratu (alhamdulillah bangeet dah) dan disambut dengan meriaah oleh tukang ojek disana, sampe-sampe kt makan diikutin, k kamar mandi diikutin (saya terharu..T.T).. hingga akhirnya terjadi penawaran dengan tukang ojek yg sebelumnya kami mendapatkan berita buruk dimana ELF yg harusnya kt naik menuju sawarna dengan harga yg murah udah gk ada lg..

kesepakatan harga jatuh pada 60rb, gw yakin pasti harga carter angkot lebih murah, tapi karena pas kita nanya ke abang angkot dia malah gk brani ngasih harga karna dipelototin sama abang ojek. Tapi kl naik angkot sih serem juga dengan tanjakan dan turunan kyak gtu, yg ada gk bsa naik angkotnya..yasudahlah akhirnya kami naik ojek, dengan perjalanan 2 jam yang nggak kalah bikin mualnya sma bus yg tadi..

==ngeeng==>gilaaa ampun dah udah tanjakan dan turunan setan di hantam abis udh kyk pembalap (juara 1 nasional lomba balapan ojek), sampe-sampe ojek yg gw naiki mo tabrakan dgn truk.. aduuh rasa2nya dunia udh mo kiamat, sport jantung bnget, dan bikin gw brasa mati sesaat.. untung aja dia jago.. tapiii enaknya naik ojek itu bsa liat pemandangan yg waw bnget indahnya..:D

dua jam berlalu, pantat sakit, mual, bahkan rambut si alim berbentuk kyk astro boy..haha.. kami sampai di depan kelurahan yg rencananya sih mo ijin dulu, tp tiba2 ketemu bu ade (pemilik home stay) yg sempat kt hubungin sbelumnya.. nah diajaklah kerumahnya yg kebetulan deket banget sama pantainya..

cukucukucuk dengan melewati jembatan gantung kami pun menuju rumahnya..

Jembatan Gantung

Tiba dirumahnya kami disambut ramah oleh pak ade(suami bu ade) dan keluarganya.. tak lupa kami bilang kalo kami mau nge camp dan nanya2 tempat ngecamp yg enak dimana.. setelah beberapa lama ngobrol asik dengan pak de dan sedikit curcol tentang tukang ojek tadi, tiba2 pak de bilang:

“kalo menurut pak de nih, mumpung lagi sepi malam ini, mendingan kalian tinggal disini dulu semalam, nanti besok baru nge-camp karna besok juga udah rame yg nge-tag kamar udah datang, lagian ibu juga lagi masakin makanan buat kalian, nah karna kita udah nyambung nih ngomongnya udaah nggak usah pikirin tentang bayaran semuanya gratis.. jadi pak de mohon kalian ngnap disini aja malam ini”

Ngeekk ngook kita smua lngsung saling menatap dan bingung mo bilang apa… hari pertama udah dapat jackpot aja, tapi kami “pura-pura” menolak..hahaa pengeen tapi gak enak jugaa sama pak ade dan bu ade nya.. bahkan pak de nya ampe mohon2 coba..*ini sapa yg di gratisin sapa yg mohon2 deh..

Jadi karna kami kasihan ngeliat pak de nya..hahaha.. akhirnya kami menerima tawaran itu dengaan senang hatii.. udah nginap gratis, makan pun gratis, apalagi mandi..haha

Pokoknya malam itu kita mandi ==> makan ==> ngobrol sama bu ade ==> main kartu ==> tiduur..

Keesokan Harinya

Bangun jam 5 dengan niat mau liat sunrise..cukucukucuk kami sampai di pantai.. ngeekk ternyata sunrisenya dari balik bukit itu..nggk kliatan..T.T.. ywdah lah kami putuskan main2 di pantai…

Pantai Ciantir

Dari pantai kami balik ke home stay, bikin makanan lah kita.. dan yg udh nge-tag tempat itu udh pada datang, jadi kami kluarin dulu barang2 titip di rumah pak de yg dsebelah.. kami sementara masak.. tiba-tiba bu ade datang maksa kita ikut makan di rumahnya sama tamu2 yg lain.. tapi kali ini kita tetap pada pendirian, walaupun makanan kita menyedihkan dan sangat membuat kami merasa inferior (sup krim ayam+kering kentang+nasi), karna kita gk mau makan didalam sampe2 pak de bawain kita tempe goreng coba… kayaknya dia kasihan ngeliat kita..hahaha

Saat-saat paling na'as..

Selesai makan SAATNYA CAVING… nah karena ada satu gerombolan yg mau caving juga, kata pak ade kita bareng2 saja sama mereka biar mereka yang bayarin guide nya (anaknya pak ade)…hahaha gw ampe kasian sama kelompok kita ini.. tapi bener juga sih, pak de tau aja…haha..Kami akan caving di Goa Lalay punyanya si Alay(laila) dan aday…hahahaa…

Goa itu jauuhh lebih bagus dan gedee daripada goa cikaray yg di tajur lalu, nggak perlu pake alat masuk ke dalam, bahkan harus nyeker.. katanya goa itu blom di temuin ujung satunya lagi, pernah yg dari mapala UI udh nyampe di ruangan 9 goa itu dan blom dapet ujungnya juga, mereka ampe 2,5 hari di dalam..ckckck kali aja Gandewa yg bisa nemuin..amiiinn..hahaa.. nah kita kemaren cuma sampe tahap 1, kl udah ke dua harus pake alatnya…

Jalan menuju Goa
Pintu masuk Goa
Dalam Goa

Sekitar satu jam sudah kami meninkmati keindahan Goa Lalay, dilanjutken perjalanan ke Lagunapari (Pantai) yg nggak jauh dri sana.. di dalam perjalanan kami menemukan rumah2 gubuk yg tempat pembuatan gula merah, kami sempat tanya2 bahkan mencobanya dan itu ueenaakk bangeet rasanya, apalgi itu bru di kluarin dr pahatannya..

Gula merah

Dari sana beberapa meter kemudian udh kelihatan pantai yang buseett kereennya minta ampuun.. pasirnya aluuss banget..Nah karena kami udah basah dan kotor wktu dr goa akhirnya kami mandilah disana…

Lagi mandi di lagunapari
Lagunapari

Setelah sekitar sejam lebih mandi, kami kembali ke rumah pak de. Sampe disana kami minum kelapa muda dulu dong (yang juga gratisaan),,,trus langsung membersihkan diri dari pasir yg menempel di badan..haha.. daan bahkan abis itu kami dianterin ke tempat nge-camp yang bagus dan nyamam (ada sumur sama WC juga). Tempat itu sedikit jauh dari tempat pak de, disana dekat pantai sebelanya warung dan tempat dimana bule2 sering surving.. top banget deh pokoknya..

Kiita kesana sudah sekitrar jam 2 siang, nah tiba disana langsung diriin tenda dan tidur siang sebentar lah ya abis itu bagi tugas, ada yang nyabut singkong, yang nyari kayu bakar (bahkan ya, bapak2 yg di warung itu ikut nyumbangin kayu bakar ke kita) dan ada yang masak. Sambil menunggu sunset datang jugaa…

Tempat Camp
Si penyelamat perut
Pemandangan dr tmpat nge-camp
Indahnya Sunset

Malam pun tiba, hari semakin gelap, tempat semakin sepi, api unggun berkibar, dan tinggallah kami sendiri disana ditemani suara jangkrik dan deburan ombak.. Namun kami masih membakar dan menggoreng singkong, hingga tak lama kemudian muncullah 2 orang bapak2 yang ternyata suruan pak ade buat nge-cek kita biar aman2 saja, sejak itulah setiaap jam slalu ada yang datang ngeronda, aduuhh bener-bener merasa safety banget deh kita,, bener2 dijagaiin banget ampe matahari terbit.. Oh ya sebelum tidur kami main kartu dulu dong, abis itu jam 12 teng ngerayaain ultahnya ismi.. trus tidur lagii deh..

Esok paginya, hari terakhir kami berada disana..(T.T) sediih… kami pun langsung bikin makanan, neliatin bule surving, beresin tenda, trus nitip barang di mbak2 yg punya warung, kami langsung segera ke tempat pelelangan ikan. Oh ya tadinya kami mo ikut berlayar loh sama para nelayan, tapi karna katanya ombak lg gede takutnya kenapa2, gk jadi deh..Pas di pelelangan ikan kami beli ikan 15rb ada 5 ekor dan itu lumayan gede..

Tempat pelelangan ikan

Dari sana kami langsung ke pinggir pantai bikin api buat bakar ikan, dan pastinya gw ma alim mandii dulu di pantai (yang lain gk mau gara2 gk punya baju lagi…hahahaa), nah pantai ini namanya ciantir dang k kalah serunya dengan Lagunapari..

Foto bareng bule dong..
Ciantir
Bakar Ikaann

Selesai mandi dan bakar ikan kami kembali lanjut ke Tanjung Layar, saatnya kembali pulang T.T.. dalam perjalanan ke warung ada para nelayan yang baru sampai, nah mereka itu mau markirin kapal, gw ma alim pun ikut bantuin ngedorong, dan buset dah beratnya, itu udah 10 org loh yg ngedorong masih aja berat, dan kerjaan mereka tiap hari gitu..ckckck sungguh berat kehidupannya (*lebay mode:on)

Beraat booyy..

Tanjung Layar spotnya juga nggak kalah keren

Tanjung Layar
Ombak menerpa karang

Habis itu kt langsung balik ==cukucukucuk==> jalan ke rumah pak ade.. nyampe disana, langsung mandi daan disuruh makaan lagii (masih gratiis)..haha.. yasudah kami makan lah disana.. abis makan kami nyamperin bu ade mencoba nanyain brapa harganya smua dari kami nginap (rencana mo dibayar aja,jd gk enak soalnya), tapi bu ade nya malah nolak mentah-mentah.. katanya dia iklas, nggak usah dibayar, dan nggak bayar pun kami masih disuruh isi buku tamu.. katanya kl jadi tamu itu keselamatan kita mereka yg akan jamin, sebelum kami kembali dengan slamat.. aduuhh baiiikk bangeett…Kami pun langsung pamit, dan dengan tiba2 keluarga pak ade menjadi ojek dan nganterin kita sampe pelabuhan ratu (kali ini emang bayar..haha).. Tadinya mo nyarter mobilnya pak de tapi udh ada yang nyarter padahal bisa jadi lebih murah..

Jadi kami naik ojek ke pelabuhan ratu ==> naik bus yg sama ke bogor(dengan waktu yg lebih lama gara2 macet) ==> naik metro mini turun di pal ==> lanjut ke depok..Alhamdulillah nyampeee kampus dengan slamat dengan membawa berjuta kenangan.. :D

Sekilas Info:

Jadi kawan.. sawarna itu tempatnya keren banget, banyak objek yang bisa dituju, tempatnya masih sangat bersih dan natural, masyarakatnya juga luar biasa ramah dan baiknya.. Apalagi Pak ade dan Bu ade,,kita bener2 di bantuin dan dijagain banget..Trus kalo yg mo berwisata nggak perlu ijin ke RTnya, jadi kt cukup isi tamu di rmah pak de nanti dr RTnya yg datang nge-cek sndiri…Nah sayangnya disana itu terkenalnya di sekitar orang luar (bule-bule), bahkan disana pernah diadain lomba surving internasional.. Bule aja kluar masuk disana, bahkan ada yg udah 20hr nginap di rumah pak ade.. selain itu juga transportasi kurang yg langsung ke sawarna, ELF cuma ada jam 12 siang, adanya yg kita turun di pertigaan ciawi (banten) trus lanjut naik ojek ke swarna..

=>Budjet kemaren jadi 202rb/org (gara2 naik ojek dan tanpa home stay), tapi itu udh murah kok untuk sawarna...

Baiklah kawan bingung mo di tutup dengan apa..